Rekam Jejak KH Hilmi Aminuddin, Alumni Pondok Pesantren Tebuireng Yang Pernah Menjadi Ketua Mejelis Syura PKS


KH Hilmi Aminuddin, Pendiri sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) periode 2003-2015, meninggal dunia Selasa (30/6/2020).

Tokoh yang pernah menjadi Ketua Majelis Syura PKS ini merupakan putra Danu Muhammad Hasan, tokoh penting Daarul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) pimpinan Kartosoewirjo. 

KH Hilmi Aminuddin sempat menjadi santri di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Setelah lulus dari Tebuireng, KH Hilmi Aminuddin menempuh pendidikan di Fakultas Syariah Universitas Islam di Madinah (UIM), Arab Saudi, dalam waktu selama 6 tahun.

Selama menempuh ilmu di UIM, KH Hilmi Aminuddin sangat dekat dengan Yusuf Supendi yang kemudian hari tercatat sebagai salah satu pendiri PKS.

KH Hilmi Aminuddin kembali ke Indonesia pada tahun 1978 dan melakukan dakwah dari masjid ke masjid.

Kejatuhan rezim Orde Baru pada 21 Mei 1998 merupakan tonggak baru kebebasan berpolitik di Indonesia. Partai Baru Bermunculan termasuk Partai Keadilan (PK) yang menjadi cikal bakal PKS pun lahir dan menjadi awal karir KH Hilmi Aminuddin di kancah perpolitikan Indonesia.

PK kemudian berubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada tahun 2002. Sejak saat itu puls ketokohan KH Hilmi Aminuddin lekat dengan PKS.

Pada tahun 2005, KH Hilmi Aminuddin dipilih menjadi Ketua Majelis Syuro PKS lewat voting tertutup sebagai pengganti KH Rahmat Abdullah yang meninggal dunia. Sebagaimana diketahui, Majelis syura merupakan lembaga tertinggi dalam tubuh PKS.

KH Hilmi Aminuddin mendapatkan 29 dari total 50 suara anggota Majelis Syuro, mengungguli tiga calon lainnya, yaitu Habaib Salim Segaf, Ust. Surahman Hidayat, dan Ust. Abdul Hasib.

Setelah lima tahun menjabat, KH Hilmi Aminuddin kembali dipilih sebagai Ketua Majelis Syuro pada tahun 2010 melalui mekanisme Pemilihan Raya Majelis Syuro PKS. dan pada tahun 2015 beliau melepas jabatan tersebut dan digantikan Habib Salim Segaf Al Jufri.

Sebagai lembaga tertinggi di PKS, Majelis Syura memiliki peran dan pengaruh sangat besar. Kebijakan partai terkait kemashlahatan umat akan dipertimbangkan dan diputuskan oleh Majelis Syura PKS secara Musyawarah.

Top Post Ad

Below Post Ad