DPRD Jawa Barat

Hadiri Diskusi Publik, Netty: Pemuda Indramayu Barat Hapus Stigma Buruk


INDRAMAYU
– Anggota DPR RI Komisi IX Netty Prasetiyani Aher mengatakan bahwa pemuda adalah  aset bangsa yang memiliki peran penting dalam membangun bangsa dan peradaban. Hal itu ia sampaikan dalam diskusi publik yang diinisiasi oleh Forum Pemuda Indramayu Barat di SMP PUI Bongas, Indramayu Barat.

“Pemuda harus mampu menjadi agent of change, agen pembawa perubahan yang progresif dan unggul di tengah masyarakat agar dapat meneruskan cita-cita kemerdekaan,” ujar Netty.

Di hadapan ratusan pemuda Indramayu Barat, Netty meminta pemerintah dan masyarakat agar memberikan ruang  bagi pemuda untuk berkarya guna membangun identitas dan karakternya.

“Adalah tugas kita untuk mendukung, memberikan pengajaran dan arahan agar pemuda memahami hakikat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dengan begitu, pemuda mampu mengambil pelajaran dan spirit dalam menaklukkan tantangan global di era digital ini,” kata Netty.

Peran membangun bangsa, menurut Netty, dapat dilakukan melalui berbagai hal. “Kemajuan dimulai dari hal kecil. Jadilah teladan yang baik, bergabunglah dalam komunitas yang positif, berpikir visioner, memperoleh prestasi di kelas, serta kritis dalam mencerna informasi,” paparnya.

Sikap tersebut, kata Netty, dapat memberi kesan positif pada pemuda dan menghapus stigma buruk yang kerap mengaitkan masa muda dengan kenakalan, kecerobohan dan bersikap semaunya.

“Sejumlah penelitian tentang perilaku seks, penggunaan narkoba dan miras, serta perilaku kriminalitas lain kerap menunjukkan hal yang memprihatinkan tentang pemuda. Ini adalah tantangan bagi komunitas Pemuda Indramayu Barat untuk menunjukkan prestasi dan perilaku positif lainnya guna menghapus stigma tersebut,” ujar Netty.

Diskusi publik ini merupakan ajang transformasi motiviasi untuk para pemuda Indramayu Barat yang berasal dari berbagai kecamatan agar menyadari dan meningkatkan peran dan kontribusinya dalam mengisi kemerdekaan. Kegiatan  bersama Pemuda Indramayu Barat ini  juga  dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Indramayu, Ruswa.