Hermanto Serahkan Unit Pengolahan Pupuk Organik kepada Petani Dharmasraya

Padang (24/08) — Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan berkesempatan mengunjungi kelompok tani Kenari di Jorong Koto Gadang Kiri, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya.

Dalam kunjungan tersebut diserahkan satu paket UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) yang terdiri dari instalasi pengolahan pupuk organik, kendaraan roda tiga, mesin pencacah, bangunan kandang ternak dan 8 ekor sapi total senilai 200 juta rupiah.

“Diingatkan, dana Program UPPO ini berasal dari negara. Ini berarti, kelompok Kenari dipercaya untuk menjalankan tugas negara. Jalankan tugas ini sebaik-baiknya”, ujar Hermanto dalam temu kelompok sebelum penyerahan bantuan.

Penerima program UPPO, jelasnya, ditargetkan menjadi produsen pupuk organik yang bahan baku utamanya adalah kotoran sapi.

“Pupuk organik yang dihasilkan nanti, hendaknya dipakai sendiri untuk meningkatkan kesuburan tanah masing-masing anggota kelompok”, ucap legislator dari FPKS ini.

Hermanto menyarankan, pupuk organik tersebut untuk tahap awal agar digunakan untuk tanah yang ditanami tanaman yang berumur pendek seperti sayuran: kangkung, bayam, mentimun, kacang panjang dan yang semacamnya.

“Jadi dengan merawat sapi, beberapa bulan kemudian bisa mendapat penghasilan dari menjual kangkung, bayam dan jenis sayuran lainnya”, tuturnya.

Dalam jangka menengah dan panjang seiring dengan terus bertambahnya pupuk organik yang dihasilkan, menurut Hermanto, pupuk bisa digunakan untuk tanaman lain atau dijual.

“Jadi kedepannya, dengan mengolah pupuk organik petani akan mendapat penghasilan ganda, yaitu dari hasil panen tanaman berumur pendek dan tanaman berumur panjang serta menjual pupuk”, paparnya.

Selain itu, lanjutnya, petani juga akan mendapat tambahan penghasilan dari anak-anak sapi yang lahir dari 8 ekor sapi induk tersebut.

“Anak-anak sapi itu bisa dijual sebagai tambahan penghasilan bagi yang merawatnya”, jelasnya.

“Kalau kelompok ini kompak, semangat, disiplin dan sabar maka saya yakin program UPPO ini akan bisa mensejahterakan semua anggotanya”, pungkas legislator Anggota Komisi IV DPR ini.

Hadir mendampingi Hermanto dalam kegiatan ini anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya Irmon serta 2 tokoh muda setempat Suparto dan Sarwadiyanto.



Sumber: Fraksi PKS DPR RI

Top Post Ad

Below Post Ad