DPRD Jawa Barat

Kang Rinso Salurkan Bantuan Air Bersih di Desa Tarumajaya, Sumedang

pks

Sumedang – Ridwan Solichin, anggota Komisi IX DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS menyalurkan bantuan air bersih di Dusun Ciduging, Desa Tarumajaya, Kec. Darmaraja, Kab. Sumedang.

“Tiga sumur gali yang pernah saya buat ternyata tidaklah cukup untuk menghadapi kemarau tahun ini,” ujar Kang Rinso, sapaan akrab Ridwan Solichin.

Musim kemarau yang berkepanjangan memang menyebabkan warga Ciduging khususnya kesulitan mendapatkan air bersih, meskipun jarak dusun tersebut dengan Waduk Jatigede relatif dekat.

Menanggapi situasi tersebut, Kang Rinso, sapaan akrab Ridwan Solichin bergerak cepat mendatangi warga desa dan menyalurkan air bersih yang sangat dibutuhkan.

Menurut Kang Rinso, bantuan tersebut merupakan bagian dari komitmen serta tanggung jawabnya sebagai wakil masyarakat dan juga sebagai sesama manusia. Hingga larut malam, Kang Rinso masih ada di lokasi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan warga akan air bersih. Selain itu Kang Rinso juga mengutarakan keprihatinannya sekaligus menghibur serta menguatkan warga.

“Miris memang, warga disini dekat sekali dengan Waduk Jatigede tapi tidak bisa memanfaatkan airnya utk kebutuhan sehari-hari,” ujar Kang Rinso.

Sejak menjadi anggota dewan tahun 2019, Kang Rinso selalu aktif membantu warga Ciduging untuk mendapatkan air bersih. Untuk tahun ini, surutnya volume air Waduk Jatigede sudah berlangsung selama 4 bulan, sejak musim kemarau melanda.

“Jarak bekas tepian pesisir waduk yang kini menjadi daratan hingga ke tepian air Waduk Jatigede saat ini, hampir sekitar kurang lebih satu kilometer. Meski masih ada air di waduk, tetapi warga tidak dibolehkan untuk memanfaatkannya. Ada beberapa catatan yg akan kami sampaikan kepada pemerintah baik pusat, provinsi maupun daerah,” tegas Kang Rinso.



Sumber: Fraksi PKS DPRD Jawa Barat