DPR RI

Banyak Nakes Terpapar Covid-19, Aleg PKS: Pemerintah Harus Berempati dengan Membuat Kebijakan Pro Nakes

Jakarta (27/06) — Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani meminta pemerintah dan masyarakat  berempati  kepada  tenaga kesehatan yang bertugas dalam penanganan Covid-19.

“Pemerintah harus memberi perhatian  dan empati kepada tenaga kesehatan, karena merekalah yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19. Pastikan  semua hak  mereka terpenuhi, baik menyangkut perlindungan dan keamanan diri, kesehatan, jam kerja hingga soal insentif yang telah dijanjikan,” kata Netty dalam keterangan media, Sabtu (26/06/2021).

Menurut Netty, empati kepada nakes harus dibangun, sebab, seiring lonjakan kasus COVID-19 banyak nakes yang mengalami kelelahan, minim istirahat, terpapar COVID-19, meninggal  dan bahkan mengalami perlakuan  tidak menyenangkan dari pasien atau keluarga pasien.

“Pemerintah harus  surplus empati pada kondisi yang tengah dihadapi tenaga kesehatan. Jangan sampai ada  kebijakan yang tidak pro nakes,  seperti penundaan insentif, waktu dan  beban  kerja yang berlebihan, APD minim serta kurangnya suplay obat-obatan dan alkes. Kondisi itu menyulitkan nakes dalam menjalankan tugasnya dan menjadi  indikasi adanya defisit empati,” ujarnya.

Data di LaporCovid-19 menunjukkan, jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang meninggal karena COVID-19 hingga Selasa (22/06/2021) mencapai 974 orang. Sebagian besar nakes meninggal adalah dokter sebanyak 374 orang, perawat 311 orang, bidan 155 orang, disusul beragam profesi nakes lain. Jumlah nakes meninggal dunia di bulan Mei – Juni ini mengalami kenaikan.

“Meninggalnya satu orang tenaga kesehatan menjadi kehilangan besar bagi dunia  kesehatan Indonesia  dan berimplikasi buruk terhadap penanganan Covid-19. Apalagi saat ini kita menghadapi lonjakan kasus dengan virus  varian baru yang lebih ganas dan mudah menular,” papar Netty.

Perhatian  dan empati  kepada nakes, kata Netty, juga harus ditunjukkan oleh masyarakat luas.

“Tunjukkan empati pada nakes yang sedang berjibaku menangani pasien  dengan disiplin prokes di mana saja. Jika masyarakat abai prokes, maka kasus akan terus melonjak dan beban nakes makin bertambah. Padahal nakes juga memiliki keluarga dan kehidupan pribadi yang harus dilindungi. Bersikap santun dan sabar dalam antri pelayanan juga akan sangat membantu tugas nakes,” paparnya.

Selain itu, kata Netty, insentif terhadap nakes harus segera ditunaikan.

“Jangan ditunda-tunda dan terlambat pencairannya. Insentif itu adalah hak mereka yang wajib diberikan. Besarannya  belum tentu setimpal dengan pengorbanan waktu, keringat, air mata dan bahkan nyawa dalam membantu penanganan pasien COVID-19,” katanya.



Sumber: Fraksi PKS DPR RI