PKS Jawa Barat Adakan Sekolah Relawan Kebencanaan (Sekar) PKS

BANDUNG. PKS Jawa Barat membentuk relawan tanggap bencana untuk membantu masyarakat ketika terjadi bencana, seperti banjir, tsunami, letusan gunung berapi, gempa, longsor, dan kebakaran. Para relawan akan dilatih agar siap bergerak ketika terjadi bencana. Hal ini disampaikan oleh Iwan Suryawan, S.Sos., ketua Satgas Penanggulangan Bencana DPW PKS Jawa Barat, pada Senin (18/7), di Bandung.

“PKS sebagai sebuah partai politik ingin menghimpun seluruh potensi anak muda di Jawa Barat. Kami ingin melatih mereka agar bisa menjadi relawan tanggap bencana, minimal di lingkungan tempat tinggal mereka sendiri,” kata Iwan.

Menurut Iwan, jumlah anak muda di Jawa Barat sangat banyak. Mereka juga memiliki kepedulian yang tinggi. Jika potensi ini berhasil dihimpun, maka akan menjadi kekuatan besar yang berguna untuk kemaslahatan bangsa. Untuk itu, Iwan berharap agar pemuda Jawa Barat bisa bergerak bersama PKS.

“Ayo para pemuda-pemudi Jawa Barat, kita bergerak bersama. Mari bergabung bersama PKS. Mari salurkan tenaga, waktu, pikiran, dan potensi untuk Indonesia tercinta. Bersama-sama kita wujudkan cita-cita luhur founding father bangsa ini,” ujar Iwan.

Hal tersebut, sambung Iwan, sejalan dengan sabda Rasulullah, yaitu khairunnas anfauhum linnas. Nabi menyebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Menjadi relawan tanggap bencana bersama PKS adalah salah satu wasilahnya.

Sebagai langkah konkret, DPW PKS Jawa Barat akan mengadakan Sekolah Relawan Kebencanaan (Sekar) PKS, pada 7 Agustus 2022 sampai 11 September 2022. Rangkaian kegiatannya dibagi menjadi enam sesi, baik online maupun offline. Materi akan diberikan oleh pihak-pihak yang berkompeten, seperti Basarnas, SAR Bandung, BPBD, dan PMI.

“Kita sediakan kurikulum yang menyenangkan, berbobot, dan mudah diikuti oleh peserta. Acaranya ada nonton bareng, ngaliwet, dan ngopi bareng. Kita juga akan ada kegiatan susur gunung, hiking, arum jeram, dan tadabur alam. Ayo anak muda Jawa Barat, bergabung bersama PKS. Kita bergerak bersama untuk kebaikan masyarakat,” pungkas Iwan.

Syarat peserta Sekar PKS adalah pemuda-pemudi Jawa Barat yang berusia 18-35 tahun yang sudah memiliki KTP. Saat ini peserta Sekar PKS sudah mencapai 556 orang. PKS Jawa Barat menerima pendaftaran hingga kuota terpenuhi.

Para pemuda yang tertarik mengikuti Sekar PKS dapat melakukan pendaftaran di https://bit.ly/sekolahrelawankebencanaanpks dan https://bit.ly/daftarsekarpks2022.



Sumber: Fraksi PKS DPRD Jawa Barat

Top Post Ad

Below Post Ad