DPRD Jawa Barat

Jaga Pola Hidup Sehat Masyarakat, Haru Dorong Peningkatan Sarana Olahraga

pks

Bandung, rmoljabar.id – Kepedulian pemerintah atas kesehatan masyarakat perlu terus ditingkatkan. Sebab, kesehatan merupakan salah satu aspek yang wajib dipenuhi pemerintah jika mengacu standar pelayanan minimal (SPM).

Selain peningkatan fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas atau rumah sakit sebagai upaya penyembuhan, pemerintah juga perlu melakukan langkah-langkah pencegahan, salah satunya dengan menggalakkan olahraga di masyarakat.

Ketua DPW PKS Jabat, Haru Suandharu menerangkan, masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat dengan olahraga jika didukung pemerintah. Dukungan tersebut bisa berupa penyediaan sarana prasarana penunjang olahraga yang mudah diakses.

“Pemerintah harus bergerak tidak hanya ke aspek kuratif, tapi juga preventif, termasuk sarana-sarana olahraga, penyelenggaraan kegiatan olahraga di masyarakat harus didorong terus,” ujar Haru di sela acara Iher Cup di GOR Sutta Bandung, Minggu (8/10).

Sejauh ini, Haru berpandangan, dukungan pemerintah terhadap pola hidup masyarakat sehat melalui olahraga sangat minim. Buktinya, pemerintah jarang menggelar kegiatan atau turnamen olahraga yang melibatkan masyarakat luas.

“Paling peringatan hari besar aja, misalnya 17 Agustus. Harusnya kan gak gitu, tapi harus menjadi program rutin,” tegasnya.

Menurut Anggota DPRD Jabar Jabar tersebut, aktivitas olahraga harus menjadi gaya hidup agar kesehatan masyarakat bisa tetap terjaga. Terlebih di masa perubahan iklim esktrem seperti saat ini, di mana cuaca cenderung lebih panas.

“Selain makanan bergizi, yang sehat, istirahat cukup, menghindari stres, olahraga bisa membuat kita punya fisik kuat dan bertahan menghadapi cuaca yang panas ini,” beber Haru.

Atas dasar itu, Haru mengapresiasi terselenggaranya turnamen bulutangkis Iwan Hermawan (Iher) Cup. Sebagai anggota DPRD Kota Bandung, Iwan Hermawan telah menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat melalui olahraga.

“Ini inisiatif yang sangat baik. Saya apresiasi, tapi pemerintah juga harus bergerak. Tadi saya ngobrol dengan Kang Iher, ternyata ditemukan talenta-talenta baru di masyarakat, hobinya badminton,” tuturnya.

Haru memastikan, pihaknya akan terus mendukung berbagai kegiatan olahraga di masyarakat. Pasalnya, PKS Jabar juga memiliki Bidang Kepanduan dan Olahraga, yang turut serta memajukan kehidupan berolahraga.

“Mudah-mudahan bisa diperluas ke tingkat Kota Bandung, karena ini kan baru tingkat dapil 2 aja. Mudah-mudahan ke depan bisa terus kita laksanakan untuk mendekatkan kita dengan masyarakat,” pungkas Haru.



Sumber: Fraksi PKS DPRD Jawa Barat